#1. Alasan mengapa mempelajari manusia sebelum mempelajari pendidikan


Berbicara tentang pendidikan adalah berbicara tentang manusia. Pertumbuhan, perkembangan, perilaku dan watak manusia. Ada baiknya dan memang sebaiknya sebelum mengulas pendidikan hendaknya mengenali dulu apa dan bagaimana manusia secara hakiki.

Setidaknya ada 3 (tiga) alasan mengapa orang-orang yang berkecimpung di dunia pendidikan membahas manusia sebelum membahas pendidikan:



  1. Dengan mengkaji manusia, bisa mengantarkan pengkajinya untuk mendapatkan hikmah mengenai manusia. Dengan hikmah ini diharapkan pengkajinya memiliki kematangan pandangan, berfikir jauh kedepan, memiliki pengertian dan pengamatan mendalam. Sehingga mampu mengamalkan kebaikan tentang manusia. 
  2. Tujuan institusional LPTK, yaitu melahirkan tenaga kependidikan dan non kependidikan. Dalam hal ini manusia sebagai objek sekaligus subjek pendidikan. Untuk mencapai tujuan institusi yang hendak di capai antara subjek (pendidik) dan Objek (peserta didik) keduanya harus saling mengerti peran dan arah tujuannya.
  3. Dengan mengkaji manusia manusia mampu menentukan bagaimana ia memperlakukan manusia yang lain serta menentukan arah kemana manusia itu akan dibawa. Pada praktik pendidikan hal ini di arahkan pada prosen menuju tercapainya tujuan pendidikan/ pembelajaran.  Hal tersebut juga berkaitan dengan bagaimana menentukan metode yang tepat untuk mencapai tujuan pendidikan /pembelajaran.

Comments

Popular posts from this blog

#1. Persamaan dan perbedaan antara Manajemen dan Administrasi Sekolah

Sertifikat Hasil Akreditasi Teknologi Pendidikan UNNES

Dear Diary #4 Anggelina, Cinta Tapi Takut