Tugas 2: Pendidikan dan Perkembangan Masyarakat -PIP

Istilah "masyarakat Indonesia baru" belakangan ini digunakan untuk menggambarkan suatu masyarakat yang di cita-citakan bangsa Indonesia. Beberapa menggunakan istilah masyarakat madani atau civil society. Dalam persperktif globalisasi, istilah tersebut masih perlu di rumuskan dan diwujudkan. Menurut Sastrapratejdja (1999) masyarakat Indonesia baru paling tidak harus memiliki tiga komponen kebutuhan dasar yaitu:
  1. kebutuhan untuk terus menguasai lingkungan (fisik maupun sosial)
  2. kebutuhan akan komunikasi (dengan sesama, tradisi dan masa lalu)
  3. kebutuhan untuk lepas dari kungkungan yang menghambat aktualisasi diri
Jika dilihat secara seksama dan dilihat dari perspektif pendidikan. Dalam masyarakat dewasa ini terdapat empat sumber masalah yang semuanya masih lemah dan harus ditangani secara cepat, yakni:
  1. Rendahnya kesadaran multikultural
  2. Rendahnya penafsiran otonomi daerah
  3. Kurangnya sikap kreatif dan produktif
  4. Rendahnya kesadaran moral dan hukum

Berdasarkan latar belakang paparan tersebut, perlu adanya wujud nyata dari mulai diri kita masing-masing. Terkait dengan hal tersebut, tugas untuk MK PIP ini lebih mengarah pada empat hal yang menjadi sumber masalah masyakat baru  tersebut.

DESKRIPSI TUGAS
  • Tujuan Penugasan:
Mahasiswa mampu membuat aksi &/ wujud nyata dari implementasi kesadaran multikultural, pemahaman penafsiran otda, bersikap kreatif dan produtif, serta memahami dan mengamalkan kesadaran hukum
  • Jenis tugas:
Tugas Kelompok
  • Penugasan:
  1. Tentukan tim/ kelompok terdiri dari 5-8 orang
  2. Amati kejadian mengenai empat sumber masalah yang ada disekeliling Kalian (atau bahkan diri kamu sendiri)
  3. Tuliskan perilaku apa diantara 4 sumber masalah yang ada, berfokus pada salah satu saja
  4. Buatlah -semacam- sinopsis cerita tentang kejadian tersebut
  5. Produksi Video berkaitan dengan masalah yang Kalian ambil
  6. Setiap anggota kelompok harus inframe dalam video 
  7. Manfaatkan gawai (smartphone) Kalian untuk membuat video (boleh menggunakan kamera yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi, jika ada)
  8. Durasi mengerjakan sampai dengan batas pengumpulan 25 Mei 2018.
  9. Produk dikumpulkan dalam wujud softfile ketika di kelas
Berikut contoh video yang bisa dijadikan referensi:

Atau Video yang berikut ini

Selamat Mengerjakan. 


Comments

Popular posts from this blog

#1. Persamaan dan perbedaan antara Manajemen dan Administrasi Sekolah

Sertifikat Hasil Akreditasi Teknologi Pendidikan UNNES

Dear Diary #4 Anggelina, Cinta Tapi Takut